Senin, 09 April 2012

MS Access, Tool Developing Yang Powerfull

Kaget dan takjub melihat demo Access Online yang diberikan oleh master Access Lusky yang di share di mailinglist Access dan dapat dilihat di webnya:
http://solusiaccess.wordpress.com

Walaupun saya udah terbiasa mengunakan Access untuk proyek-proyek saya, tapi baru kali ini saya melihat Access benar-benar realtime dijalankan melalui akses web tanpa perubahan tampilan pun, murni file *.mdb .

Biasanya, teknik meng-online-kan bisa menggunakan MySQL Server sebagai back end melalui ODBC. Bagian front end tetap di local. Sedangkan yang didemo ini 100% file front end dan back end berada di server. Bahkan, bisa diakses secara remote melalui ponsel Android.

Dengan adanya demo tersebut, salah satu bukti bahwa Access adalah bener-bener tool yang dapat diperhitungkan kemampuannya sebagai alternatif pilihan developing tool yang mudah bagi para developer aplikasi database. Karena, aplikasi database apapun juga bisa dibuat dengan cepat menggunakan tool ini. Ini merupakan salah satu bukti juga kemampuan Access karena masih banyak user yang masih memandang sebelah mata tentang keberadaan tool ini.

Kekuatan utama dari Access salah satunya adalah bahasa pemprograman VBA (Visual Basic Appilication). VBA memiliki tampilan yang sama dengan Visual Basic 6 (VB6) karena merupakan satu keluarga. Cuma bedanya, Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi VB, karena sudah otomatis di include-kan, dan sudah menjadi bagian dari Access itu sendiri.

Dengan adanya VBA, kita dapat melakukan programming dan meng-custom-nya sesuai kebutuhan desain. Ini yang membuat profesi developing menggunakan Access juga mahal. Karena, tidak semua orang awam memahami bahasa tersebut dan harus membutuhkan keahlian programming.

Asiknya dengan adanya VBA bagi developer, kegiatan programming pun dapat dilakukan secara Portable dimana saja, cukup membawa file kerja kita di dalam flashdisk. Karena, Access banyak terinstall di PC dan satu bundle dengan MS Office bagi pengguna Windows.

Melakukan editing program bisa dilakukan saat itu juga jika terjadi error, atau client ingin menambahkan fitur tertentu yang harus segera cepat selesai saat itu juga.
 
Ini sebuah cerita dari pengalaman saya sendiri, saat saya membuat aplikasi penerimaan siswa baru yang tiba-tiba aplikasi tersebut error ditengah jalan pada waktu proses input data. Dan harus ditangani saat itu karena ribuan orang sudah antri. Tidak mungkin kan proses penerimaan siswa tersebut di stop untuk dilanjutkan besok. Akhirnya, saya minta break beberapa saat. Kemudian, saya buka mode editing yang tentunya saya password. Saya jalankan proses debug. Ternyata, ada blok code program yang harus saya tambahkan sedikit code perangkap biar tidak terjadi eror. Dan akhirnya, program bisa kembali berjalan dengan lancar.

Untung saya bikinnya pake Access, coba kalau pake tool developing lain. Harus saya install dulu program editingnya. Belum lagi, proses kompilasi ulang. Dan masih banyak lagi cerita lainnya yang tidak dapat saya ceritakan mungkin bisa menjadi artikel yang sangat panjang. Yang intinya, Access bisa mempercepat kita melakukan editing di saat-saat emergency tersebut.

Nah, bagaimana masih meremehkan kemampuan Access ? Jangan biarkan tool ini hanya terpajang di PC Anda. Tool ini bisa mendatangkan $ dan diam-diam bisa menghanyutkan, lho, hehe.

Bagi Anda yang ingin belajar Access, buku banyak tersedia di toko buku dengan bahasan yang sangat lengkap dan detail. Dan juga bisa bergabung dengan milis komunitas belajar Access : http://groups.yahoo.com/group/belajar-access .

Milis ini dikelola oleh para master Access di seluruh Indonesia, salah satunya Bang Haer yang mengelola http://www.rumahaccess.com .

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Bila Anda menyukai ini, share ke yang lain, klik disini :


0 komentar:

Posting Komentar

Newest!

Tweets!

Contact Admin!

Nama

Email *

Pesan *

Contact!

08123358290

2AF8FBD7



Download Desktop Aplikasi!

Download Script Gratis!

Service!

Melayani pembuatan aplikasi database desktop sesuai dengan konsep yang Anda inginkan dengan harga terjangkau. Aplikasi dibangun menggunakan VB, VBA, Access dan Database MySQL (Xampp Server). Pekerjaan dilakukan secara remote desktop via internet (luar kota) atau ketemuan langsung (dalam kota). Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Admin.
SMS / CALL 08123358290

Shut Box!

About Me!

Adalah seorang penghobi software dan yang berhubungan dengan internet, berprofesi freelance di bidang Web & Software Developer. Beberapa karyanya dapat dilihat di blog ini, disini dan disini .

Blog ini adalah tulisan - tulisan ringan penulis buat sekedar rileks, dan keinginan untuk berbagi, selagi mengisi aktifitas kekosongannya...

Nganggur, kalee... ;P