Kamis, 05 April 2012

Bagaimana Cara Membuat *.MDB (Access) Menjadi *.EXE

Mungkin diantara pembaca blog ini adalah salah satu penggemar MS Access. Software ini mudah kita jumpa bagi Anda pengguna MS Office Windows.

MS Access adalah tool yang sangat powerfull dalam membuat aplikasi database desktop dengan mudah dan cepat.

Hasil file akhir yang kita buat menggunakan software ini adalah ber-extension *.mdb , nah sekarang bisakah file ini dijadikan *.EXE ?

Ini adalah pertanyaan yang banyak sekali ditemukan di milis maupun di forum - forum Access. Dan walaupun ada yang bisa menjawab solusi tersebut, tapi masih kurang memuaskan. Karena, tidak benar-benar menjadi *.EXE .

Dan mengapa ingin dijadikan *.EXE ?

Kebanyakan, developer Access ingin aplikasinya lebih secure, walaupun di Access sendiri sudah memiliki security yang cukup berlapis, seperti memproteksi VBA dengan password, meng-hide objek - objek (table, form, module, query, dll), me-nonaktifkan tombol shift, menjadikan extension *.mde, membuat security level, dll.

Entah, mungkin ada yang kurang bagi developer Access jika aplikasinya belum menjadi *.EXE. Kalau saya sendiri cukup hanya menggunakan security yang disediakan oleh Access.

Kabar baik bagi yang masih penasaran menjadikan file *.EXE, saya menemukan tool yang cukup canggih yang bisa melakukan konversi ini dan gratis.

Berikut linknya, silahkan Anda mencoba ini :
http://orlando.mvps.org/DBtoEXEMore.asp

Namun, masih ada kelemahan, yaitu tidak bisa berjalan jika menggunakan runtime MS Access. Jadi, harus terinstall Access versi full.

Tool yang lain, Anda bisa mencoba menggunakan tool dari : www.mdecompiler.com.

Saya belum pernah mencoba versi full ini dan baru sebatas versi trial.

Pada artike terbaru berikut ini, saya akan memberikan tips bagaimana cara lain meng-EXE kan file MDB / MDE hanya dengan menggunakan WinRAR, simple dan praktis :D

Baca disini:
Cara lain meng EXE-kan aplikasi MDB / MDE (Part 2)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Bila Anda menyukai ini, share ke yang lain, klik disini :


1 komentar:

suriken mengatakan...

Permisi gan ..mw nanya barangkali bisa membantu..
Saya da contoh file access .mdb
Tapi di ddalam macro access tersebut, tidak bisa membuka module, toolbars yang tidak bisa dibuka dan yang lainnya..
Barangkali agan bisa membantu saya menyelesaikan masalah ini, cara untuk membuka protect tersebut bagaimana..!!
terima kasih sebelumnya..

Posting Komentar

Newest!

Tweets!

Contact Admin!

Nama

Email *

Pesan *

Contact!

08123358290

2AF8FBD7



Download Desktop Aplikasi!

Download Script Gratis!

Service!

Melayani pembuatan aplikasi database desktop sesuai dengan konsep yang Anda inginkan dengan harga terjangkau. Aplikasi dibangun menggunakan VB, VBA, Access dan Database MySQL (Xampp Server). Pekerjaan dilakukan secara remote desktop via internet (luar kota) atau ketemuan langsung (dalam kota). Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Admin.
SMS / CALL 08123358290

Shut Box!

About Me!

Adalah seorang penghobi software dan yang berhubungan dengan internet, berprofesi freelance di bidang Web & Software Developer. Beberapa karyanya dapat dilihat di blog ini, disini dan disini .

Blog ini adalah tulisan - tulisan ringan penulis buat sekedar rileks, dan keinginan untuk berbagi, selagi mengisi aktifitas kekosongannya...

Nganggur, kalee... ;P