Jumat, 06 April 2012

Belajar Framework Codeigniter


Ini adalah beberapa buku yang saya rekomendasikan bagi Anda penggemar PHP yang ingin meningkatkan kemampuannya PHP-nya dengan menggunakan framework Codeigniter (CI).

Saya juga pengguna baru CI. Alasan saya ingin sekali mempelajari framework ini dikarenakan melihat banyaknya perusahaan - perusahaan IT sekarang yang membutuhkan banyak tenaga kerja yang salah satu syaratnya adalah harus menguasai framework CI. Ini adalah peluang pekerjaan yang sangat besar.

CI juga menjadi framework yang paling banyak dipakai oleh developer - developer software berbasis web saat ini. Disamping memiliki komunitas yang sangat besar, juga didukung dokumentasinya yang sangat lengkap.

Walaupun saya sudah terbiasa menggunakan PHP, mempelajari framework ini awalnya sangat sulit. Kita dituntut untuk menguasai konsep dasar yaitu OOP (Object Oriented Programming) dan MVC (Model View Controller). Sampai - sampai, saya membeli buku Java yang mengulas habis tentang dasar - dasar pemprograman berorientasi objek yang lagi trend saat ini.

Mengubah kebiasaan dari menulis program PHP secara prosedural menjadi OOP tidak mudah karena dulu saya lebih nyaman menulis kode cara lama. Dikarenakan keinginan saya begitu kuat ingin mempelajarinya, akhirnya saya membeli buku yang mengulas khusus CI mulai dari dasar.

Dari perkenalan saya dengan buku - buku ini dan dari ulasan didalamnya yang mudah dimengerti, menjadikan saya jadi lebih tahu tentang bagaimana CI itu sendiri dan penerapan konsep OOP dan MVC dalam CI.

Beberapa kelebihan mengapa sudah saatnya untuk beralih ke framework :
1) Sudah include banyak library yang umum dibutuhkan seperti koneksi ke berbagai jenis database, email, paging, session, validate data, security dan sebagainya dan tidak perlu koding lagi.
2) Menggunakan konsep MVC (Model View Controller) yang memungkinkan memisahkan antara layer application logic dan presentation.
3) Kemudahan dalam mengganti template desain karena antara kode program dengan tampilan terpisah.
4) Kemudahan dalam memaintenace dan mengembangkannya kedepan.
5) Dokumentasi yang sangat lengkap serta komunitas yang berkembang pesat.
6) URL yang dihasilkan sangat bersih (clean) dan Search Engine Friendly (SEF).
7) Tersedia banyak plugin yang dikembangkan oleh komunitas. Kita juga bisa menambahkan dan meng-custom sendiri.
8) Framework disediakan gratis.

Sudah beberapa aplikasi yang telah saya coding ulang / di-convert menggunakan CI dan hasilnya cukup memuaskan. Sistem berjalan lebih ringan. Security-nya pun terjamin karena CI sudah menyediakan dukungan security yang sangat baik.

Aplikasi PHP saya sebelumnya seringkali di bobol oleh hacker yang sangat iseng. Walau termasuk hacker yang baik dan tidak merusak system. Mereka cuma hanya memberikan warning low security aplikasi kita. Tapi itu semua sama saja telah berhasil mengintip data kita dan peluang mengambil data cukup besar.

Nah, sekarang bagaimana dengan Anda yang masih bergelut dengan koding cara lama ? Kembali kepada masing - masing mana yang lebih membuat Anda merasa lebih nyaman, mudah dan cepat dalam dunia pengkodingan tanpa mengabaikan security.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Bila Anda menyukai ini, share ke yang lain, klik disini :


0 komentar:

Posting Komentar

Newest!

Tweets!

Contact Admin!

Nama

Email *

Pesan *

Contact!

08123358290

2AF8FBD7



Download Desktop Aplikasi!

Download Script Gratis!

Service!

Melayani pembuatan aplikasi database desktop sesuai dengan konsep yang Anda inginkan dengan harga terjangkau. Aplikasi dibangun menggunakan VB, VBA, Access dan Database MySQL (Xampp Server). Pekerjaan dilakukan secara remote desktop via internet (luar kota) atau ketemuan langsung (dalam kota). Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Admin.
SMS / CALL 08123358290

Shut Box!

About Me!

Adalah seorang penghobi software dan yang berhubungan dengan internet, berprofesi freelance di bidang Web & Software Developer. Beberapa karyanya dapat dilihat di blog ini, disini dan disini .

Blog ini adalah tulisan - tulisan ringan penulis buat sekedar rileks, dan keinginan untuk berbagi, selagi mengisi aktifitas kekosongannya...

Nganggur, kalee... ;P